Bupati Ketapang Kunjungi Desa Tanjungpura

Bupati Ketapang didampingi Kabag umum dan perlengkapan. anggota DPRD Ketapang dan Kabag Humpro Ketapang di Ziarah ke Makam Raja Raja Ketapang di Desa Tanjungpura.//Foto Internet//

DESA Tanjungpura Kecamatan Muara Pawan pada hari Jum’at (31 Januari 2020) dikunjungi Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.Sos. Dalam kunjungan tersebut, Bupati Ketapang didampingi anggota DPRD Ketapang dari Fraksi Partai Golkar yang juga Ketua Ikramat Ketapang, Uti Royden Top, Kabag Humas dan Protokol setda Ketapang, Kabid Bappeda Ketapang, Kabag Umum dan Perlengkapan Setda Ketapang,  Sekretaris BPKAD Ketapang, Kasi di Dinas Budpar Ketapang, dan Camat Muara Pawan.

Tiba di Desa Tanjungpura dengan menggunakan speedboat, kedatangan Bupati Ketapang disambut Kades Tanjungpura Kurniawan dan Juru Kunci Taman Khalwat Sapujagat Tanjungpura, H. Astralion serta tokoh masyarakat setempat, H. Marwan bersama  pihak. Selama di Desa Tanjungpura,  Bupati Ketapang menuju Makam Raja-raja Tanjungpura yang berada tak jauh dari depan Puskesmas Tanjungpura Ketapang. Selain itu, Bupati Ketapang juga mengunjungi Lapangan Padang Khalwat (Lapangan Sapu Jagad). Dua tempat ini dikramatkan oleh masyarakat Desa Tanjungpura dan masyarakat Ketapang. Demikian juga melihat Pelabuhan Penambatan Kapal, Kolam Pemandian Putri Kerajaan.

Dikutip dari berbagai media, saat di Desa Tanjungpura Kecamata Muara pawan Bupati Ketapang, Martin Rantan menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Ketapang akan melakukan pemugaran komplek makam Raja Kerajaan Tanjungpura dan Taman Khalwat Sapujagat Bupati Martin menyebutkan, pihaknya akan merenovasi beberapa bangunan termasuk memperbaiki akses jalan masuk, serta pagar pembatas dan penerangan di sekitar komplek makam. Setelah melihat dan sejenak Bupati bersama Kepala Desa tokoh masyarakat memanjatkan doa kepada Tuhan yang Maha Esa, agar selalu diberikan kemudahan kesehatan dalam memimpin Kabupaten Ketapang.

Secara umum, Desa Tanjungpura merupakan salah satu desa di Kecamatan Muara Pawan. Kecamatan muara pawan berpenduduak sekitar 14.609 (Data BPS tahun 2016). Kecamatan Muara Pawan sendiri merupakan salah satu dari 20 kecamatan di Kabupaten Ketapang. Berdasarkan data Dinas Dukcapil propinsi Kalbar semester dua tahun 2019 jumlah penduduk Ketapang adalah 573.074 jiwa.

Desa Tanjungpura merupakan satu dari 253 desa di Kabupaten Ketapang. Desa merupakan desa induk dari beberapa kali pemekaran. Beberapa desa hasil pemekaran diantaranya adalah Desa Tanjungpasar dan Desa Mayak. Untuk Kecamatan Muara Pawan sendiri diketahui terdiri dari Desa Tanjungpura, Desa Mayak, Desa Tanjungpasar, Desa Ulak Medang, Desa Tempurukan,Desa Sukamaju, Desa Sungai Awan Kanan dan Desa Sungai Awan Kiri.

Untuk Desa Tanjungpura terletak di tepian sungai Pawan atau sekitar 20-an Km dari jalan nasional. Selain peninggalan situs sejarah peninggalan Kerajaan masa lalu, desa ini juga dikenal penghasil ikan air tawar. Sebagian besar penduduknya mengandalkan mencarti ikan air tawar seperti baung, ikan sepat dan toman di Sungai Pawan dan danau-danau air tawar. Sebagian lagi beternak atau mengandalkan karet, serta  bekerja di luar desa baik sebagai tenaga kerja di perusahaan. Fasilitas pelayanan publik yang ada di Desa ini dapat dlihat adanya pusat pelayanan kesehatan yaitu Puskesmas Tanjungpura, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Tingkat Pertama, dan Sekolah Menengah Tingkat Atas. Untuk jaringan telepon seluler, di Desa Tanjungpura masih bisa dijangkau dengan jaringan Telkomsel dan Indosat.@