BPJS, Dinkes dan Kominfo Ketapang Lakukan Monev Digitalisasi Rujukan di FKTP

Penerapan digitalisasi rujukan atau rujukan online dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bertujuan untuk memberi kemudahan dan kepastian bagi peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan khususnya pelayanan rujukan. Melalui penerapan digitalisasi, maka dapat terkumpul data rujukan serta teredukasinya Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk disiplin menggunakan aplikasi P-Care.

Memastikan tersedianya jarkomdat di wilayah FKTP  di wilayah Kabupaten Ketapang, maka belum lama ini Kantor Cabang BPJS Kabupaten Ketapang dan Propinsi Kalbar, bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ketapang melakukan pengecekan ke beberapa FKTP atau Puskesmas.  Monitoring dan evaluasi dimulai dari tanggal 27 Januari 2020. Ada pun lokasi monitoring dan evaluasi diantaranya : Puskemas Tanjungpura Kecamatan Muara Pawan, Puskesmas, Simpang Hulu, Puskesmas Simpang Dua, Puskesmas Sungai Laur, Puskesmas Kecamatan Hulu Sungai, Puskesmas Pemahan, Puskesmas Jelai Hulu dan Puskesmas Singkup.

Pengecekan ke lokasi ini dikarenakan FKTP yang belum maksimal memanfaatkan aplikasi P-Care. Monitoring dan evaluasi ini untuk untuk diketahui kendala Jamkordat. Dari proses pengecekan ke lokasi ini diharapkan kedepan semua FKTP sudah dapat mengakses aplikasi P-Care secara realtime online. Karena itu, dari hasil monitoring ini, nantinya akan ditindaklanjuti dengan menentukan langkah strategis dan lain lain. Dengan demikian  harapannya, kedepan semua Faskes sudah bisa mengakses aplikasi P-Care dengan lancar dan tanpa hambatan. Hal ini penting menjadi perhatian  dan semua pihak dapat berperan aktif dalam mewujudkan pelayanan dasar demi terwujudnya derajat kesehatan yang bermartabat dan berkeadilan di Kabupaten Ketapang.@