Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Ketapang Tahun 2021 Di Kecamatan Jelai Hulu

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), didalam  pasal 1 ayat (21) dinyatakan bahwa Musrenbang adalah forum antar pelaku dalam menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah. Musrenbang kecamatan merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan  di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan. Masukan tersebut berdasarkan hasil Musrenbang tingkat desa.

Masukan tersebut sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwewenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah pada tahun berikutnya. Musrenbang kecamatan dilakukan setiap tahun pada bulan Februari dengan keluaran berupa Dokumen Rencana Pembangunan Kecamatan serta masukan untuk Renja SKPD Kecamatan. Untuk Musrenbang tingkat kecamatan, mulai tanggal 3 Februari 2020 sudah dilaksanakan. Dalam musrenbang kecamatan, tema yang diusung adalah “Meningkatkan kan Insfratruktur dan pelayanan dasar untuk kesejahteraan masyarakat”.

“Musrenbang tingkat kecamatan pada bulan Pebruari 2020 dilaksanakan secara marathon di 20 Kecamatan yakni dari tanggal 3 sampai dengan 13 Februari 2020 yang di hadiri Bappeda bersama OPD, anggota DPRD Kabupaten Ketapang sesuai daerah pemilihan, Forkompimcam masing-masing, para kepala desa,  dan stakeholder lainnya,” tegas Maryanto, S.Ap, ME, Kabid Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ketapang.

Pada hari pertama kegiatan Musrenbang ini di laksanakan di Kecamatan Jelai Hulu. Dalam Musrenbang tersebut dibahas berbagai masukan program pembangunan yang disampaikan desa-desa yang sebelumnya telah melaksanakan musrenbang di desanya masing-masing. Musrenbang di kecamatan Jelai hulu di buka camat Jelai hulu, Markus, S.Pi, M.Sos.

Dalam sambutannya, Markus berharap kegiatan ini berlangsung dengan lancar, mampu menampung seluruh usulan-usulan yang diajukan guna meningkatkan pembangunan infrastruktur dan pelayanan dasar untuk kesejahteraan masyarakat di kecamatan Jelai hulu. “Pembangunan di Jelai hulu ini tidak hanya bersumber dari anggaran pemerintah saja, akan tetapi diharapkan berasal dari partisipasi investor maupun stakeholder lainnya melalui dana CSR,” tegas Markus, Camat Jelai Hulu.

Sementara itu, Elisabeth, anggota DPRD Dapil IV (Kecamatan jelai Hulu, Tumbang Titi, Sungai Melayu Rayak dan Pemahan), menyampaikan berbagai aspirasi dewan di Kecamatan Jelai Hulu. Selain itu, juga dilakukan koreksi pelaksanaan pembangunan terutama di desa-desa agar semakin tertib dan menjaga hasil-hasil pembangunan dengan baik guna tercapainya pemerataan pembangunan bagi masyarakat. @

Ada Pun Jadwal Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan, Diantaranya:

Senin, 3 Fabruari 2020  Kecamatan Jelai Hulu.

Selasa, 4 Februari 2020, Kecamatan  Benua Kayong, Matan Hilir Utara, Tumbang Titi.

Rabu 5 Februari 2020,  Kecamatan Matan Hilir Selatan, Muara Pawan, dan  Pemahan.

Kamis , 6 Februari 2020, Kecamatan Kendawangan, Delta Pawan, dan Sungai Melayu Rayak

Senin , 10 Febnruari 2020, Kecamatan Manismata.

Selasa, 11 Februari 2020, Kecamatan Hulu Sungai, Simpang Hulu  dan Air Upas

Rabu, 12 Februari 2020, Kecamatan  Sandai, Simpang Dua, dan Singkup

Kamis, 13 Februari 2020, Kecamatan Nanga Tayap, Sungai Laur, dan Marau