Dinas Kominfo Ketapang Audiensi ke Dinas Nakertrans Ketapang

* E-Loker Smart City Ketapang

Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang, Selasa (25 Februari 2020) melakukan audiensi ke Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ketapang. Kedatangan rombongan Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang diterima langsung Sekretaris Dinas Nakertrans Ketapang, Edi Prayitno diruang kerja. Usai dialog singkat, selanjutnya dilanjutkan pemaparan dari Dinas Kominfo Ketapang di aula pertemuan Disnakertrans Ketapang.

Kepala Bidang Komunikasi Publik Kabupaten Ketapang, Maryanto, S.Ap, ME yang juga pelaksana tugas harian (Plh) Kadis Kominfo Ketapang didampingi Kepala Bidang Informatika M.Zuhri S.Kom, MH menjelaskan kedatangan mereka menindaklanjuti  kesiapan Disnakertrans menerima audisensi dari Dinas Kominfo Ketapang. Dijelaskan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan kebijakan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Maka, salah satu penerapan tersebut, maka disyaratkan terbangunnya suatu system elektronik yang terintegrasi selaras dengan kebijakan satu data yang dicanangkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, saat ini Pemerintah Kabupaten Ketapang sudah mengembangkan aplikasi enggang, dimana melalui aplikasi ini terkumpulkan seluruh aplikasi yang dikembangkan di pemerintahan Kabupaten Ketapang. Hal ini sesuai dengan arahan Bupati Ketapang sebagaimana dibahas dalam beberapa kali rapat OPD selama ini.

Ditambahkan Kabid Informatika Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang bahwa aplikasi yang dikembangkan diarahkan dalam pemanfaatan TIK  untuk menyelenggarakan tata kelola sistem informasi dan komunikasi efektif, efisien, bermanfaat, terpadu, sinergi, aman dan berkesinambungan. Karena itu, audiensi diarahkan mewuiudkan tata kelola sistem TIK yang selaras, dengan tuivan pemerintah dan pembangunan, serta mendukung strategi dan tujuan OPD di lingkungan Pemerintah Daerah. (Domain / Sub Domain, Lawan Web, Email dan Aplikasi Umum Pemerintahan). Demikian juga, meningkatkan kualitas pelayanan informasi dan pelayanan publik (E-Loker, untuk mendukung SAKIP) . “Karena itu, perlunya komitmen OPD dalam pelaksanaan SPBE, terutama SDM.Regulasi, maupun SOP, demikian juga memberikan batasan dan panduan umum bagi OPD dalam penyelenggaraan TIK,” papar M.Zuhri, S.Kom, MH.

Diterangkan juga mendukung terintegrasinya data yang berkelanjutkan, maka seluruh OPD disediakan domain website maupun e-mail. Termasuk juga menintegrasikan data dalam menunjang pelayanan publik. Dalam mendukung pelayanan, selain disediakan website bagi Dinas Nakertrans, maka dikembangkan juga aplikasi e-loker (lowongan kerja) yang nantinya dapat terintegrasi di aplikasi enggang. Karena e-Loker masih bersifat prototype, maka salah satu tujuan audiensi adalah untuk sharing masukan dalam pengembangan kedepan. Pengembangan aplikasi ini adalah inovasi daerah dan tidak ada biaya yang membebaninya.

Menurut Merli Andika, S.Kom, Kasi PDE Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang, bahwa aplikasi e-Loker ini masih bisa dilakukan pergantian nama sesuai kebijakan Dinas Nakertrans Ketapang. Demikian juga menu-menu yang diperlukans esuai dengan kebijakan, termasuk juga proses integrasi dengan website dinas. Jika diperlukan, memungkinkan juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi lowongan kerja yang dikembangkan Kementerian Tenaga Kerja. Dalam pemgembangan selanjutnya, dukungan antara OPD diperlukan, terutama dalam mendukung e-Goverment yang disyaratkan oleh aturan yang berlaku.Pihak Dinas Nakertrans, hanya dimintakan untuk menyediakan admin dalam mengoperasikan aplikasi serta website OPD. Selain dalam audiensi di Dinas Nakertrans, maka pihak Kominfo Ketapang juga membuka diri bagi OPD untuk melakukan diskusi mengenai pengoperasian aplikasi tersebut.

Dari paparan yang disampaikan, Sekretaris Dinas Nakertrans Ketapang menyambut baik aplikasi yang dikembangkan Dinas Kominfo Ketapang dalam mendukung pelayanan di instansinya. Teknologi TIK diakuinya memang masih baru difahami mereka. Inovasi dari Dinas Kominfo Ketapang didukungnya, dan kedepan mereka akan mempersiapkan langkah, serta koordinasi yang intensif dengan Dinas Kominfo terkait aplikasi e-Loker smart city Ketapang dan lain sebagainya. Mereka berharap, baik aplikasi dari kementerian tenaga Republik Indonesia, maupun aplikasi yang terintegrasi di Ketapang sama-sama dukung, dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ketapang.@