Pelatihan Operator Website Desa

TEKNOLOGI semakin akrab di semua aspek kehidupan masyarakat. Mengikuti pesatnya kemajuan di bidang informasi dan teknologi, maka diarahkan teknologi dapat dimanfaatkan dalam percepatan pelayanan public, termasuk di desa. Tinginya minat aparatur desa untuk mengembangkan kemampuan dalam tugas pelayanan ini, beberapa desa mengirimkan surat permintaan ke Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang untuk melatih aparatur desa, khususnya website desa.
Menindaklanjuti harapan dari pemerintahan desa itu, dengan segala keterbatasan yang ada Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang berinovasi memberikan pelatihan kepada aparatur desa. Pelatihan operator website desa akhirnya dibagi dua kelompok. Kelompok pertama, yang terdiri dari sekitar 10-an desa di pesisir Kabupaten Ketapang diberikan pelatihan pada hari Selasa (24 Februari 2020). Selanjutnya, kelompok kedua, yang terdiri dari beberapa aparatur desa dari kecamatan diberikan pelatihan pada hari Kamis (26 Februari 2020). Materi pelatihan disampaikan staf Bidang Informatika Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang.


Aparatur desa yang diberikan materi pelatihan operator website desa ini sangat antusias mengikuti pelatihan. Mereka mengikuti pelatihan dari pagi sampai petang. Dari beberapa peserta harapan mereka sangat besar terhadap website desa yang mereka lakukan design secara mandiri tersebut.
Dari website desa ini nantinya akan menampilkan beberapa hal diantaranya profil desa, anggaran desa, kegiatan desa, info desa dan lain-lain mengenai desa. Website desa ini tentunya dirasa perlu dan penting dibuat sebagai representasi / wajah dari sebuah desa itu sendiri. Dalam website desa akan terlihat produk asli unggulan dari masing-masing desa. Dimana nantinya juga diharapkan sebagai salah satu sarana prasarana promosi yang dapat membantu setiap usaha yang berkembang didesanya.@