Percepatan Penerapan Perpres SPBE, Dinas Kominfo Ketapang Sambangi Satpol Ketapang

PERATURAN  Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), yang ditetapkan tanggal 2 Oktober 2018, merupakan kebijakan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Salah satu capaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tahun 2018 ini menetapkan agar setiap instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah harus menggunakan aplikasi umum, paling lambat dua tahun setelah Perpres ini ditetapkan.

Dengan demikian, akhir tahun 2020, maka semua instansi , termasuk di Kabupaten Ketapang sudah harus melaksanakan pelayanan public yang terintegrasi dengan elektronik. Selaras dengan perpres Nomor 95 tahun 2018, Pemkab Ketapang sudah membangun pelayanan  via online, melalui program online Smart City Ketapang, dengan lounching elektronic governmentand public application of Ketapang (Enggang) smart city dan louching Ketapang LIPI Corner sebagai langkah awal menuju pemanfaatan dan pengembangan IPTEK-Hub dalam rangka pelaksanaan pembangunan berkelanjutan serta optimalisasi pelayanan publik di Kabupaten ketapang.

Melalui aplikasi Enggang ini, diharapkan seluruh aplikasi yang ada di Kabupaten Ketapang akan terintegrasi. Aplikasi enggang ini sendiri dikembangkan oleh Bidang Informatika Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang. Selain itu, bidang informatika Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang juga memfasilitasi domain dan sub domain website seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Demikian juga, seluruh OPD sudah disiapkan alamat surat elektronik. Dalam mempercepat perubahan mainseat aparatur, maka inovasi Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang membuka diri bagi OPD yang menginginkan aparaturnya dilatih mendesign website serta operatir website. Pelatihan mendesign website sudah dilakukan sejak akhir 2019 dan masih berlangsung sampai tahun 2020. Seperti dilakukan bulan Februari 2020, beberapa desa mengirimkan aparatur desa untuk dilatih di  Bidang Informatika Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang.

Selain itu, dalam mempercepat penerapan SPBE bagi seluruh OPD, inovasi Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang juga melakukan audiensi ke OPD. Ada pun OPD yang sudah dikunjungi adalah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ketapang. Kemudian pada hari Rabu (26 Februari 2020), Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang kembali melakkukan audiensi ke Dinas Satuan Pol PP dan Linmas Kabupaten Ketapang. Dalam audiensi ini langsung diterima oleh Kepala Satuan Pol PP ketapang, Muslimin S.Ip bersama Sekretaris Dina sPOl PP, para kepala bidang kasi dan beberapa staf.  Dalam kesempatan ini, dijelaskan tombol panic yang ada di aplikasi enggang. Demikian juga menggunaan operasi tombol panic, dan lains ebagainya.

Begitu juga dengan pembuatan website bagi Kantor Satpol PP ketapang. Dimana, aplikasi maupun website yang dibutuhkan Pol PP akan dibangun secara gratis oleh Dinas Kominfo Ketapang. Yang utama disiapkan oleh Satpol PP adalah operatir untuk pengoperasian website serta pengawasan yang dilakukan terhadap penggunaan aplikasi dalam menunjang pelayanan public, khususnya pada bidang satpol PP termasuk integrasikan CCTV yang ada. Dinas Kominfo Ketapang siap membantu, dalam hal pembuatan website dan lain sebagainya, sehingga penerapan SPBE sebagaiman diamanahkan dapat direalisasikan dengan baik.

Dalam pemaparan di Dinas Pol PP, dari Dinas Kominfo hadir, Maryanto A.AP, ME, Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo sekaligus merangkap Plh Kadis Kominfo Ketapang, Muhamad Zuhri S.Kom, MH Kabid Informatika, bersama Kasi PDE, dan Kasi Penyebarluasan, pemanfaatan dan pengawasan telematika Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang. Pemaparan lebih rinci disampaikan Merli Andika S.Kom.

Selanjutnya diskusi mengalir dalam pertemuan tersebut. Beberapa masukan disampaikan Kasat Pol PP Ketapang, Muslimin S.Ip, maupun dari Sekretaris SatPol PP, Drs Nuryono.

“Kami sangat menyambut baik, dan mendukung perlunya layanan elektonik dalam mendukung tugas Satpol PP,” tegas Muslimin. S.Ip, Kepala Satuan Pol PP Ketapang.@