BPS Ketapang & Kominfo Isi Bareng SP2020 Online

SENSUS penduduk 2020 sudah dilaksanakan sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Pada sensus kali ini, Badan Pusat Statistik (BPS) mempermudah proses pendataan penduduk dengan menyelenggarakan sensus penduduk online. Para penduduk bisa mengakses link https://sensus.bps.go.id/login yang terdapat di situs resmi BPS. Dalam pengisian Sensus Penduduk Online (SPO) 2020, peserta hanya perlu menyiapkan dua data identitas yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ketapang pada hari Selasa (3 Maret 2020) hadir di Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang. Tim dari BPS memandu para karyawan Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang melakukan pengisian sensus penduduk 2020 secara online. Pertemuan dilaksanakan di ruang NOC Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang, yang dihadiri Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang, Soviar SH MH, para kepala bidang, kepala seksi dan staf Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang.

Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang, berterima kasih dengan kehadiran BPS menjelaskan tata cara pengisian  sensus penduduk. Harapannya dengan adanya isi bareng sensus penduduk secara online ini, diharapkan seluruh staf ikut berpartisipasi. Selanjutnya, Supandi dari BPS Ketapang, bahwa sensus penduduk  ini sangat penting. Pemerintah melalui BPS memerlukan  data sensus untuk melakukan perekaman langsung data penduduk, menyediakan data jumlah penduduk baik secara de facto maupun de jure.  Demikian juga menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk. Sensus Penduduk tahun 2020 berbeda dengan sensus penduduk . Pada tahun 2020, BPS menggunakan data administrasi kependudukan dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai basis data dasar.

Sensus penduduk tahun 2020 dilakukan dengan 2 tahap. Tahap Pertama adalah sensus penduduk secara online. Pada tahap ini masyarakat dapat berpartisipasi langsung mengisi daftar pertanyaan secara online. Tahap kedua, adalah sensus penduduk wawancara. Pada tahap ini, petugas sensus mendatangi masyarakat yang tidak partisipasi dalam Sensus Penduduk 2020 Online.

Satu Data Kependudukan SP2020 adalah jembatan menuju Satu Data Kependudukan Indonesia, yaitu sebuah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain mudah diakses, data hasil SP2020 bisa dibagi pakaikan antar-instansi pusat dan instansi daerah, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu data Indonesia.

Berikut tata cara mengisi sensus penduduk secara online, di halaman utama, kita diminta memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK, dan kode.

Sukses masuk ke sana, kita diminta membuat password. Password ini bisa dipakai untuk mengakses ulang situs sensus penduduk online. Anda diminta memadukan huruf dan angka sebagai password. Password dapat digunakan bersama-sama oleh anggota keluarga dalam satu KK. Tak lupa, Anda harus memasukkan pilihan pertanyaan dan jawabannya.

Kemudian, kita diarahkan ke halaman untuk memulai mengisi sensus. Proses tersebut rata-rata hanya memakan waktu 5 menit.

Pertama, kita diminta mengisi informasi tentang keterangan keluarga. Halaman ini juga tersedia menu simpan sementara bila data yang disampaikan belum tuntas, namun kita ingin keluar/log out. Informasi ini sesuai dengan data di KTP. Dalam kolom ini, ada juga pertanyaan soal tempat tinggal keluar. Anda diminta menjawab 5 pertanyaan seperti akses listrik dan air minum ke rumah, hingga jumlah lantai di rumah.

Kedua, kita minta mengisi informasi soal daftar anggota keluarga. Kita bisa menambahkan nama-nama baru di luar daftar di dalam KK seperti bayi, pembantu rumah tangga hingga keluarga di luar anggota inti yang ikut tinggal di satu rumah.

Ketiga, kita diminta memverifikasi status anggota keluarga di dalam KK. Di sini, semua nama di dalam KK harus diverifikasi terkait jenis kelamin, tempat tanggal lahir, status hubungan dengan kepala keluarga, pendidikan hingga agama. Setidaknya ada 13 pertanyaan yang harus dijawab untuk setiap nama di dalam KK.

Ketika semua sudah diisi, kita diarahkan ke menu ringkasan. Di sini akan ada catatan bila ada daftar isian belum lengkap/belum diisi. Bila tak ada catatan, kita bisa mengirim dan menuntaskan data sensus penduduk online 2020 dengan meng-klik tombol kirim.@