Pemkab Ketapang Matangkan Penyusunan RPJMD 2021-2026

*Wujudkan Visi: “Lanjutkan Ketapang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera”

KETAPANG — Musrenbang RPJMD Kabupaten Ketapang tahun 2021-2026 dilaksanakan setengah semi virtual pada hari Rabu (9 Juni 2021) di Ball Room Hotel Grand Zuri. Kegiatan ini dibuka Wakil Bupati Ketapang, H.Farhan SE, M.Si, dan dihadiri Muspida Ketapang, kepala perangkat daerah , tokoh masyarakat serta stakeholder terkait.

Wakil Bupati Ketapang mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang dihadir sehingga pelaksanaan Musrenbang dapat terlaksana dengan baik. Dimana, tahapan Musrenbang RPJMD Kabupaten Ketapang tahun 2021-2026 juga melibatkan Tim Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerjasama (PPKK) Fisipol Universitas Gajah Mada (UGM). Ditegaskan Wakil Bupati Ketapang bahwa Musrenbang ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam rangka Penyusunan RPJMD Kabupaten Ketapang tahun 2021-2026. Setelah tahapan ini dilalui, maka akan dilanjutkan dengan tahapan lainnya seperti  penyampaian dan pembahasan Raperda RPJMD 2021-2026 ke DPRD. Rencananya,  akan disampaikan pada minggu ke-3 (tiga) bulan Juni 2021. Tahapan ini dilakukan sebelum dilakukan Evaluasi oleh Gubernur Kalimantan Barat.

Wakil Bupati Ketapang menjelaskan RPJMD Kabupaten Ketapang tahun 2021-2026 berfungsi sebagai Pedoman dalam penyusunan rencana kerja Pemerintah daerah (RKPD), rencana strategis perangkat daerah (Renstra) dan rencana kerja perangkat daerah (renja). Proses Penyusunan RPJMD dilakukan melalui beberapa tahapan yang melibatkan para ahli (pendekatan Teknokratik) dengan melihat semua potensi, permasalahan, isu strategis yang ada di daerah) dan lain sebagainya. Pada akhirnya hal tersebut diarahkan untuk mewujudkan visi melanjutkan Ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera.

Wakil Bupati Ketapang juga menjelaskan bahwa saat ini dinamika pembangunan daerah terus mengalami perkembangan yang terus berubah dengan Cepat menyebabkan tantangan pembangunan daerah  juga semakin kompleks. Salah satu tantangannya adalah, pertumbuhan ekonomi daerah yang cenderung melambat dan turun, sebagai akibat (pandemi covid-19), pengurangan kemiskinan, Pengangguran dan perbaikan kualitas sumber daya Manusia daerah serta kesenjangan antar wilayah.

Karena itu, fokus utama perencanaan pembangunan 5 (lima) tahun perlu dituangkan dalam visi dan misi kabupatenKetapang 2021-2026. Visi dan misi kamiUntuk 5 (lima) tahun kedepan.Visi : Melanjutkan Ketapang menuju masyarakat sejahtera. Ada pun misi adalah:

1. Mewujudkan pemerintahan yang handal, bersih, Terpercaya dan berwibawa dalam pelayanan public.

2. Melanjutkan Peningkatan Pembangunan Infrastruktur.

3. Pembangunan sumber Daya Manusia yang memuliki Daya saing.

4. Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan desa yang merata dan berkeadilan.

5. Memperkokoh landasan perekonomian masyarakat.

6. Pengelolaan dan pemanfaaran sumber daya alam untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Ketapang.

Untuk mencapai visi dan misi tersebut, maka diperlukan penyelarasan, klasifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah. Karena itu, program perangkat daerah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD, selanjutnya hasil Musrembang RPJMD akan dituangkan dalam berita acara (BA) kesepakatan yang ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan yang menghadiri musrenbang RPJMD.

Wakil Bupati Ketapang memaparkan bahwa guna mencapai sasaran visi dan misi tersebut, juga disusun  langkah strategis kedalan bentuk panca karya (Pakar), dimana berisikan Ketapang senat yang fokusnya pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan peningkatan mutu mayanan kesehatan, Begitu juga Ketapang cerdas yang fokusnya peningkatan pendidikan keahlian keterampilan masyarakat. Ketapang nyaman yang fokusnya pada peningkatan Kualitas infrastruktur daerah, pelayanan public kenyananan dan keamanan.  Ketapang peduli yang fokusnya pada peningkatan Kualitas hidup masyarakat dan perlindungan sosial. Ketapang sejahtera fokusnya pada peningkatan perekonomian masyarakat dalam bidang pertanian, peternakan, perkebunan perdagangan, perindustrian, koperasi UKM, Pariwisata dan dunia usaha.

“Saya berharap berharap Musrendang RPJMD Kabupaten Ketapang 2021-2026 berjalan lancar dan dilandasi dengan Semangat kebersamaan untuk menghasilkan dokumen Perencanaan Pembangunan Yang Berkualitas dan berkelanjutan dalam rangka melanjutkan Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera,” ujarnya.**