32 Personel Polres Ketapang Kawal Distribusi Kotak Suara

Kepolisian Resor (Polres) Ketapang lakukan pengawalan dan pengamanan pendistribusian logistik pemilu berupa kotak suara. Logistik pemilu tersebut didistribusikan dari gudang logistik KPU Ketapang ke Kecamatan.

Kapolres Ketapang AKBP Tommy Ferdian S.I.K., M.Sc (Eng) menjelaskan, total ada 32 truk akan bergerak ke wilayah zona 1 dan mendapatkan pengawalan dari Polres Ketapang sebanyak 32 personel dengan melakukan pengamanan melekat di truk atau logistik.

“Ada personel yang mengawal menggunakan mobil pengawalan, ada personel yang secara tertutup serta ada juga personel mengawal dengan menggunakan sepeda motor,” ujar Kapolres usai melepas rombongan logistik pemilu, Sabtu (10/2/2024).

Dengan di bantu personel dari jajaran TNI dan BPBD Kabupaten Ketapang, pengawalan juga ditempatkan di sepanjang jalur yang dilewati rombongan tepatnya di daerah-daerah yang rawan kecelakaan dan jalan rusak.

“Kita juga sudah perintahkan kepada jajaran untuk mengantisipasi dan siapkan pengamanan jalur khususnya di wilayah rawan kecelakaan, wilayah yang ada kerusakan jalanan, tanjakan, tikungan tajam dan lain sebagainya,” ucap Kapolres.

Kapolres menerangkan, selain melakukan pengawalan, Polres Ketapang juga melakukan arahan kepada supir-supir truk logistik bagaimana melakukan pergerakan, melakukan pemecahan rangkaian dan arahan-arahan teknis lainnya agar logistik dapat dengan aman sampai ke tujuan.

“Kita ingatkan betul pengawalan ini bukan agar cepat sampai tujuan, tapi agar sampai di tujuan dengan aman dan selamat,” terangnya.

Kapolres menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan perangkat kecamatan maupun desa untuk pergeseran logistik ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kapolres memastikan pengawalan akan terus dilakukan hingga semua logistik sampai ke daerah-daerah yang dijangkau.

“Ada pergeseran kita yang sifatnya menyeberang lautan seperti di Pulau Bawal dan Pulau Cempedak kita antisipasi dengan satuan Polair dan Lanal Ketapang, ada pergeseran ke daerah terpencil yang mengharuskan kita menyusuri lewat sungai dan ada pergeseran memasuki daerah-daerah pedalaman. Kita siapkan pengawalan personel juga melekat dengan menggunakan kendaraan sesuai dengan kondisi medan,” tutup Kapolres.

Persebaran logistik pemilu ini dibagi menjadi 3 zona, Zona 1 ada Kecamatan Manis Mata, Kecamatan Air Upas, Kecamatan Singkup, Kecamatan Marau, Kecamatan Jelai Hulu dan Kecamatan Kendawangan.

Zona 2 Kecamatan Simpang Hulu, Kecamatan Simpang Dua, Kecamatan Sungai Laur, Kecamatan Sandai, Kecamatan Hulu Sungai, Kecamatan Naga Tayap, Kecamatan Pemahan, Kecamatan Sungai Melayu Rayak, dan Kecamatan Tumbang Titi.

Zona 3 Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kecamatan Benua Kayong, Kecamatan Muara Pawan, Kecamatan Matan Hilir Utara dan Kecamatan Delta Pawan.***