POTENSI WISATA KABUPATEN KETAPANG

KABUPATEN Ketapang sebagai Kabupaten terluas di Kalimantan Barat tidak diragukan lagi memiliki berbagai poetensi wisata. Tidak hanya  Taman Nasional Gunung Palung (TNGP)  yang luasnya 90.000 hektar dan mendunia yang dimiliki daerah ini. Selain TNGP yang terletak diantara Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara (Kabupaten pemekaran dari Ketapang,red), daerah ini memiliki beragam potensi wisata. Wilayah Ketapang yang membentang dari laut sampai pedalaman menyajikan potensi wisata yang layak untuk digarap. Mulai dari wisata pantai (Marine tourism), wistaa etnik (Etnik tourism), wisata Cagar Alam (Ecotourism). Wisata Buru ,  Wisata Olahraga, Wisata Kuliner, Wisata Agro, Wisata Gua, Wisata Belanja, Wisata Ekologi maupun wisata budaya terdapat di wilayah ini.

Jika ada berkunjung ke Kabupaten Ketapang, akomodasi dan transportasi sebagian sudah menunjang. Untuk menjadikan potensi ini memiliki nilai tambah, tentunya tidak lepas dari dukungan infrastruktur menuju lokasi yang berpotensi. Mulai dari Bandara Rahadi Oesman, perhotelan, restoran serta pusat perbelanjaan sudah mulai mendukung potensi wisata di Ketapang. Apalagi, masyarakat Ketapang yang ramah dan terbuka terhadap pengunjung menjadi modal besar menggarap potensi wisata.

Karena itu, jika anda berkunjung ke Kabupaten Ketapang, jangan lewatkan mengunjungi tempat-tempat ini sehingga menambah wawasan anda tentang budaya di bumi ale-ale. Lokasi yang layak untuk anda kunjungi diantaranya:

A. KECAMATAN DELTA PAWAN

Taman Kota Letapang
Hutan Kota Ketapang
Pantai Tanjung Bawang Sukabangun Dalam

Kecamatan Delta Pawan merupakan ibukota Kabupaten Ketapang.  Jika saudara tiba di Kota Ketapang melalui jalur Bandara Rahadi Oesman, ada beberapa sejumlah hotel yang bisa direkomendasikan untuk anda menginap. Mulai dari Hotel Aston Ketapang, Hotel Nevad, Grand Zuri, Borneo Emeral Hotel dan lain sebagainya. Selain mudah mendapatkan tempat menginap, sejumlah tempat kuliner bisa dikunjungi untuk memanjakan selera anda. Saat berada di Ibukota Ketapang, ada beberapa objek yang bisa anda kunjungi untuk mengetahui lebih dalam potensi budaya, dan religi di ibukota Ketapang.

1. Hutan Kota Ketapang

2. Pantai Tanjung Bawang

3. Rumah melayu Ketapang

4. Wisma Hulu Sungai

5. Tugu Perdamaian

6. Klenteng Tua Pek Kong

7. Kelenteng Tua Pekkong

9. Tugu Ale-ale

10.Taman Kota Ketapang

11. Taman Merdeka Ketapang

B. KECAMATAN BENUA KAYONG

Kraton GM Saunan
Pantai Pecal,
Wisata religi Keramat Sembilan, situs sejarah Kota Ketapang

Kecamatan Benua Kayong juga merupakan bagian dari Ibukota Kabupaten Ketapang. Pada kecamatan ini mudah didapatkan makanan khas Ketapang yaitu amplang, dan kuliner lainnya. Antara Kecamatan Delta Pawan dan Benua Kayong hanya dibatasi oleh Sungai Pawan yang merupakan sungai terpanjang kedua di Kalimantan Barat. Ada dua buah jembatan utama yang menghubungkan Kecamatan Delta Pawan dan Kecamatan Benua Kayong, yaitu jembatan Pawan satu dan Jembatan Pawan Lima.

Potensi wisata yang bisa anda lihat untuk mengenal secara mendalam Budaya di wilayah Ketapang, diantaranya.

1. Kraton GM Saunan di Kelurahan Mulia Kerta

2. Kramat Tujuh dan Keramat Sembilan, di Kelurahan Mulia Kerta dan Desa Negeri Baru.

3. Pantai Pecal

4. Pantai Celincing

C. KECAMATAN MUARA PAWAN

Pantai Air Mata Permai
Wisata Religi Lapangan sapu Jagad
Lanskap Danau Penyengat Desa Ulak Medang

Kecamatan Muara Pawan merupakan kecamatan yang berdampingan langsung dengan ibukota Kecamatan yang dihubungkan Jembatan Pawan Dua. Untuk mencapai kecamatan ini, dapat melalui jalur darat maupun jalur sungai Pawan. Pada kecamatan ini terdapat sejumlah tempat yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata pantai maupun wisata eligi. Ada pun beberapa tenpat tersebut diantaranya:

1. Pantai Air Mata Permai di Desa Sungai Awan Kanan

2. Pantai Tanjung Belandang di Desa Sungai Awan Kiri

3. Makam Raja-Raja Tanjungpura di Desa Tanjungpura

4. Lapangan Sapu Jagat (Lapangan Khalwat) Desa Tanjungpura

5. Lanskap Danau Penyengat Desa Ulak Medang

D. KECAMATAN MATAN HILIR UTARA

Bukit Kecurap
Pulau Sempadi

Kecamatan Matan Hilir Utara berjarak sekitar 58 Km dari pusat Ibukota Ketapang, yang terdiri dari lima desa diantaranya Desa Sungai Putri, Desa Tanjung Baik Budi, Kuala Tolak, Kuala Tolak, dan Desa Laman Satong. Wilayah yang membentang dari perairan sampai pegunungan. Tak hanya berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP), berbagai potensi wisata dapat ditemukan di wilayah ini. Jika anda berkunjung ke wilayah Kecamatan Matan Hilir Utara, jangan lewatkan untuk mengunjungi:

1. Bukit Kecurap, Dusun Kecurap, Desa Laman Satong

2. Hutan Mangrove di Desa Kuala Satong

3. Pulau Sempadi

4. Gua Maria Kederon, Dusun Manjau, Desa Laman Satong

E. KECAMATAN MATAN HILIR SELATAN

Pantai Pagar Mentimun
Lanskap Perhuluan Sungai Pesaguan
Selain pantai yang indah, pada kawasan Pantai Tanjung Batu juga terdapat sirkuit Grasstrack

Wilayah Kecamatan Matan Hilir Selatan relative tidak terlalu jauh. Kecamatan yang terdiri dari 11 desa ini, merupakan salah satu kecamatan yang cukup luas di Kabupaten Ketapang. Kondisi wilayah dari pantai sampai pedalaman menjadikan beragam potensi terdapat di wilayah ini. Tak hanya potensi kelautan, flora dan fauna gambut juga terdapat di tempat ini. Masyarakat Kecamatan Hilir selatan yang dominan sebagai nelayan dan petani, menjadikan pada kawasan ini mudah ditemukan budaya bahari dan pertanian. Sawah-sawah yang hijau menghampar di Kecamatan Matan Hilir Selatan. Pada kecamatan ini juga, salah satu kawasan yang dianggap “dunia gaib”  seperti Padang 12yang ceritanya melegenda terdapat di kecamatan ini. Begitu juga dengan flora dan fauna pada kawasan gambut  Jika anda berkesempatan mengunjungi tempat ini, jangan lewatkan  mengunjungi tempat sebagai berikut:

1. Pantai Tanjung Batu di Desa Sungai Nanjung.

2. Pantai Sungai Jawi di Desa Sungai Jawi

3. Pantai Pagar Mentimun, di Desa Pagar Mentimun

4. Danau Perendaman di perhuluan Sungai Pesaguan (lokasi pemancingan ikan air tawar/ flora fauna habitat kawasan gambut)

F. KECAMATAN KENDAWANGAN

Air Terjun Batu Arang Kendawangan
Pulau Sawi
Suaka Alam Kendawangan
Pasir Putih Kendawangan
Pantai Sisik
Pulau Bawal

Kendawangan adalah sebuah kota kecil yang berada di ujung selatan provinsi Kalimantan Barat. Luas wilayah 7.120 km2. Potensi di kecamatan ini cukup beragam, tak hnaya perkebunan sawit, tyetapi kecamatan ini memiliki potensi pertambangan yang luasr biasa. Bahkan salah satu proyek strategis nasional pengolahan pertambangan yaitu PT WHW juga terletak di kecamatan ini. Pertambangan yang ada di kendawangan adalah timah hitam, emas, intan, biji besi, alumunium (bauksit), nikel, dll.sedangkan untuk sektor perkebunan, Kelapa sawit mandominasi selurh wilayah kendawangan. Fasilitas publik yang ada di Kendawangan sudah sangat cukup memadai, Kendawangan memiliki sebuah Pelabuhan Domestik. Batas-batas wilayah kota Kendawangan: Utara: Kecamatan Matan Hilir Selatan

Timur: Kecamatan Manis Mata, Sebelah Selatan: Laut Jawa, sebelah barat : Laut Cina Selatan. Demikian juga dengan potemsi wisata. Wilayah yang menghampar dari Laut Jawa sampai pedalaman ini, maka banyak sekali potensi wisata yang bisa digarap, mulai dari lautnya yang tak hanya cocok untuk wisata memancing dan menyelam, tetapi juga pantai yang bersih menjadikan sangat indah di pandang mata. Begitu juga alam pegunungan, dan hutan yang menghampar. Tak hanya sungai dan danai, air terjun, di tempat ini juga terdapat suaka alam yang dilindungi. Banyak flora dan fauna dilindungi terdapat di wilayah Kecamatan kendawangan. Jika anda berkunjung ke Kendawangan, jangan lewatkan utnuk mengunjungi:

1. Cagar Alam Kendawangan

2. Pantai Sisik di Desa Mekar Utama

3. Pantai Pasir Putih, Dusun Sungai Gantang, Desa Mekar Utama

4. Pantai Sungai Tengar, di Desa Mekar Utama

5. Pulau Sawi, di Desa Mekar Utama

6. Air Terjun, di Dusun Kelukup Belantak Desa Mekar Utama

7. Pulau Cempedak, di Desa Kendawangan Kiri

8. Pulau Bawal di Desa Kendawangan Kiri

9. Pulau Kucing Kendawangan Kiri

10. Pulau Jambat Kendawangan Kiri

11. Pulau Sahabat di Desa Air Hitam

12. Pantai Selat Bilik di  Desa Air Hitam

G. KECAMATAN NANGA TAYAP, SUNGAI MELAYU RAYAK & SEKITARNYA

Bukit Maloi di Sungai Melayu
Air Terjun sebuak
Riam Tingkong Batu Mas

KECAMATAN sungai Melayu, Nanga Tayap dan sekitarnya tak kalah menyimpan sejuta pesona wisata. Air terjun dan keindahan alam, lengkap dengan berbagai wisata budaya menambah lengkap wawasan anda yang berkunjung. Keramah tamahan masyarakat setempat akan mendorong anda betah mengunjungi tempat tempat di wilayah Kecamatan, Jika anda berkunjung ke Kecamatan Nanga tayap, Tumbang Titi, Sungai Melayu dan sekitarnya, jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat sebagai berikut:

1. Air Terjun Riam Tingkong

3. Air Terjun Lembah Hijau  di Desa Lembah Hijau

4. Air Terjun Sebuak

5. Air Terjun Riam Seladan di Desa Betenung

6. Air Terjun Riam Seladan di Desa Betenung

7. Riam Inam Kelima di Sungai Melayu

8. Riam Punjuk Sama di Sungai Melayu

9. Bukit Maloi di Sungai Melayu

I. KECAMATAN SANDAI & HULU SUNGAI

Pulau Karang di Desa Marau akan semakin indah di musim kemarau

Berbagai potensi wisata tersimpan di wilayah Kecamatan Sandai. Mulai dari wisata religi, maupun wisata alam. Sejarah panjang Kabupaten Ketapang tak lepas dari perjalanan sejarah dimana sandai merupakan salah satu pusat pemerintahan masa lalu. Demikian juga dengan potensi wiosata alam di wilayah Kecamatan Hulu sungai, yang sebagian wilayahnya adalah hutan, maka potensi wisata alam sangat luar biasa dan masih perlu dikembangkan.

1. Pulau Karang Desa Muara Jekak

2. Kerajaan Ulu Aik di Sengkuang

3. Air Terjun Siling di Desa Benua Krio

J. SUNGAI LAUR,  SIMPANG DUA & SEKITARNYA

Bukit Kuri, Sungai Laur
Bukit Batu Daya
Air Terjun Desa Komora

Melalui jalan Trans Kalimantan  yang enghubungkan Kota Pontianak ke Kalimantan Tengah, kita akan melalui wilayaj Kecamatan Simpang Hulu, Simpang Dua, dan Sungai Laur. Wilayah ini merupakan dataran tinggi di Kabupaten Ketapang. Gunung-gunung yang indah memanjakan mata kita akan keindahan alam. Hutan yang terjaga menjadikan kita semakin rindu dengan alam. Wisata budaya, sejarah dan keindahan alam di kawasan ini tidak diragukan lagi. Air pegunungan yang jernih menambah lengkap perjalanan yang anda nikmati. Gunung gunung yang megah seperti Bukit Kruat, Bukit Kuri sangat cocok sekali bagi mereka yang ingin melakukan pendakian. Keindahan Bukit Batu Daya, yang biasa juga disebut Bukit Onta atau bukit Gantang akan membuat anda takjud dengan kebesaran Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Jika anda berkunjung ke Kecamatan Sungai Laur maupun Simpang Dua, jangan untuk mengunjungi lokasi berikut ini:

1. Bukit Kuri dan Bukit Kruat di Aur Kuning

2. Gua Maria Sinar Kuri di Desa Sinar Kuri

3. Gua Maria Terjun Bangkak di Desa Mekar Raya, Kec. Simpang Dua

4 Trajon Kulam di Desa Kampar Sebomban

5. Bukit Batu Daya, Desa Batu Daya

6. Air Terjun Bruak, Desa Komora.

K. KECAMATAN JELAI HULU, AIR UPAS & SEKITARNYA

Air Terjun Tujuh Tingkat Di Desa Karang Dangin
Bebatuan unik di Kompleks Gua Maria di Kecamatan Air Upas

POTENSI wisata di Kecamatan Jelai Hulu, Marau dan sekitarnya cukup beragam. Selain wisata budaya, wilayah ini dikenal dengan sumber penghasil batu permata kecubung. Kilauan indah kecubung selaras dengan panorama alam yang asri. Mulai dari Derasnya air Buntut Riam yang sangat pantas dijadikan lokasi arung jeram. Begitu juga dengan indahnya air terjun di Desa  Karang Dangin, begitu juga dengantempat lainnya yang layak untuk dipertimbangkan. Tak kalah menarik Gua Maria Air Upas, dimana bebatuanya yang cukup unik. Begitu juga dengan potensi wisata lainnya yang masih belum terungkap dan terjamah di wilayah ini.